Jumat, Juni 05, 2015

PTK TENTANG UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PROJECTED STILL MEDIA SISTEM REGULASI MANUSIA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA MAN LUBUK ALUNG

ABSTRAK
RATNA DEWI ,S.Pd.M.Si.GURU BIOLOGI MAN LUBUK ALUNG

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PROJECTED STILL MEDIA SISTEM REGULASI MANUSIA
MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA MAN LUBUK ALUNG


              Kabupaten Padang Pariaman adalah salah satu Kabupaten yang ada di Propinsi Sumatera Barat. Wilayah Kabupaten Padang Pariaman di batasi oleh pantai Sumadera Indonesia di sebelah barat, Kabupaten Agam di sebelah utara, Kabupaten Tanah Datar di sebelah timur dan Kota Padang di sebelah selatan.
Kabupaten Padang Pariaman adalah merupakan Kabupaten yang banyak memiliki tempat pendidikan baik yang formal maupun non formal, ada negeri dan swasta. Salah satu tempat pendidikan yang formal dan negeri adalah MAN Lubuk Alung yang terletak di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang ( SINTOGA).
Biologi merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup dengan semua aspek yang berkaitan dengan kehidupannya, dan merupakan suatu ilmu yang menarik karena objek yang dipelajari didalamnya sebagian menyangkut diri sendiri dan aktivitas-aktivtas sehari-hari. Maka idealnya seorang siswa harus lebih tertarik untuk belajar biologi. Tetapi pada Kelas XI IPA  semester genap materi sistem Koordinasi (Regulasi)  setiap tahun  nilai kurang memuaskan .Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian I dan II pada semester II hanya 73 dan 78  mungkin ini disebabkan minat siswa yang kurang untuk membaca materi pelajaran biologi khususnya di Kelas XI IPA hasil belajarnya masih perlu ditingkatkan lagi. Menurut Ratna Wilis (1998, hal.8) bahwa “Buku merupakan sumber daya pendidikan yang berfungsi mendukung dan menunjang pelaksanaan pendidikan, khusunya peserta didik dan guru
      Dalam dunia pendidikan dikenal bermacam-macam media yang dapat digunakan untuk terlaksanannya proses belajar mengajar yang menarik, sehingga tecapai kualitas hasil belajar yang memuaskan.Menurut Oemar Hamalik (1980):
“Mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan media pendidikan adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
Apabila fenomena dari masalah yang tergambar di atas tidak dicarikan pemecahannya, dapat menimbulkan akibat negatif yang jauh terhadap tingkat pengusaan pelajaran dan daya serap  belajar siswa. Agar siswa termotivasi untuk belajar di sekolah, salah satu cara yang dapat dilakukan dengan penggunaan projected still media . Sehingga aktifitas siswa dapat menimbulkan dan tercipta proses pembelajaran yang lebih baik serta menarik.

Dengan penggunaan projected still media adanya peningkatan aktivitas belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian 1 dan 2 yakni; 80 dan 85.

Tidak ada komentar: